Baru merencanakan untuk mulai menggunakan Email Marketing ?
Bagaimana Caranya ? apakah sulit ? bagaimana agar tepat dalam memulai persiapan email marketing ?
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainnya, pada kenyataanya tahapan ini akan sedikit secara teorinya, namun akan sangat memakan waktu mengingat ada tahapan yang salah satunya mungkin bisa berbeda-beda setiap orang.
Dan sekarang akan coba kita jabarkan tahapan-tahapan tersebut, namun tetap anda yang harus menyesuaikan mana yang memang diperlukan dan mana yang tidak.
Konten
Untuk yang satu ini paling wahid menurut saya, sebelum ke hal-hal yang rumit atau jelimet, tentu anda harus memikirkan konten apa yang akan anda kirimkan dan anda harus siapkan itu minimal untuk 7 kali kirim (atau sesuaikan dengan rencana),
Konten di dunia email marketing tidak harus tentang konten video seperti pada platform youtube yang mengharuskan membuat video.
Pada email marketing bahkan anda hanya perlukan konten berupa text, sekalipun tidak ada gambar sama sekali, tetap anda bisa membuat konten hanya text saja.
SIlahkan sesuaikan konten dengan tujuan anda, untuk branding atau jualan, maka di sesuaikan dengan produk anda atau branding diri anda sendiri.
Mengirimkan email atau mempersiapkan konten email marketing tidaklah harus panjang-panjang, bahkan tidak perlu secara lengkap hanya dalam 1 kali kirim email.
Anda bisa memecah menjadi 7 bagian sekalipun itu masih lebih baik, usahakan konten memang padat akan isi, dan membuat penasaran agar target subscriber email anda nantinya selalu dibuat penasaran tentang isi email anda.
Dan tujuan utamanya adalah selalu membuka email yang anda kirimkan bukan!
Alat Tempur
Setelah menentukan konten, barulah menuju alat perang yang akan di gunakan dalam kampanye email marketing anda, mulai dari berapa dana yang harus keluar, sampai bagaimana cara penggunaanya, itu harus di lakukan research kecil-kecilan oleh anda.
Bahkan alat perang yang terbilang gratispun tidak ada masalah selama itu bisa ikut membantu goal anda tercapai.
Anda bisa mulai mencari Tools email marketing yang gratis, silahkan lakukan perbandingan, saat anda memulai email marketing tentu database email anda belumlah banyak dan mungkin masih bisa di handel oleh tools yang gratisan.
Jika sudah berkembang barulah anda bisa memikirkan untuk menggunakan yang versi berbayar, namun jika anda ingin mulai dari awal dengan versi berbayar pun tidak ada masalah, namun untuk margin profit yang lebih tinggi atau untuk branding dengan zero cost kenapa tidak.
Untuk yang berbayar anda bisa tentukan, mau yang berlangganan per bulan atau tahunan dengan yang berdasarkan credit, jadi sifatnya seperti pulsa, anda bayar sebanyak yang anda gunakan tanpa berlangganan bulanan.
Biasanya untuk alat tempur ini yang di cari adalah rate sender yang baik, agar selalu masuk inbox bukan spam, karena prihal masuk TAB Promosi atau Social itu bisa diusahakan dari dalam konten anda.
Eksekusi
Konten dan alat tempur siap, saatnya eksekusi sesuai dengan rencana anda, tentunya mengharapkan mencapai goals anda.
Tahap eksekusi ini terbilang rintangan teknik dan praktek (jam terbang) yang memerlukan trial and error sekalipun pihak provider sudah menyediakan panduan, kesalahan tentunya akan ada.
Bagaimana mengatasinya ? Praktek – Eksekusi – Lakukan
Biarkan pikiran anda bekerja dan latihan seperti otot yang dilatih di tempat gym.
Nikmati setiap masalah dan error yang ada, agar anda paham dan mengerti, dan akhirnya tidak perlu lagi mencari solusinya di internet 🙂
Evaluasi
Tahap akhir ini secara singkat, anda rekap dan samakan dengan goals anda di awal, apalah sudah mencapai target.
jika sudah, apa yang bisa dikembangkan dan di pertahankan.
Bagaimana jika tidak mencapai Goal ?
Lihat Matrik apa yang kurang, dari Halaman LP yang anda buat, berapa banyak yang Opt-in ? jika kurang, mainkan lagi copy LP nya
Open Rate Kecil, cek konten Email yang anda kirim apa yang perlu di rubah atau kurang menarik dari judul emainya.
Semua itu akan anda mulai pahami dengan mulai eksekusi semua rencana Email Marketing anda, dan hanya anda yang dapat menjalankan semuanya, kecuali jika anda menggunakan jasa email marketing, maka itu lain cerita lagi, anda hanya perlu evaluasi saja 🙂