Bisa Kirim Email

Bagaimana Email Masih Efektif Untuk Berbisnis

Cara Membuat Konten Email Marketing Yang Efektif

cara membuat konten email marketing yang efektif

Hallo semuanya, alhamdulillah saya bisa menulis artikel lagi. Saya senang bisa berbagi informasi tentang cara membuat konten email marketing yang efektif dengan kalian.

Silahkan lanjutkan membaca untuk mendapatkan tips dan trik serta langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat konten email marketing yang efektif!

Langkah 1: Menentukan Tujuan Kampanye Email

Langkah pertama dalam membuat kampanye email yang efektif adalah menentukan tujuan kampanye tersebut. Tujuan yang jelas akan membantu Anda mengarahkan strategi dan konten kampanye Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk baru, atau meningkatkan kesadaran merek?

Langkah 2: Membangun Daftar Kontak yang Relevan

Untuk membangun daftar kontak yang relevan, ada beberapa langkah penting yang dapat Anda ikuti. Pertama, tentukan tujuan dan sasaran Anda dalam membangun daftar kontak. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam mencari kontak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, lakukan riset tentang target pasar Anda. Cari tahu siapa saja yang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan informasi ini, Anda dapat menyusun daftar kontak potensial yang lebih spesifik dan relevan.“`Semoga membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan sungkan untuk bertanya

Langkah 3: Membuat Konten yang Menarik

Pada langkah ini, kita akan membahas cara membuat konten yang menarik bagi pengunjung situs web Anda. Konten yang menarik akan membantu meningkatkan minat pengunjung dan memperpanjang waktu tinggal mereka di situs Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten yang menarik:

Sebelum pengujung mengunjungi website atau landingpage anda, tentunya pengujung tersebut harus buka email anda.

  • gunakan judul email yang membuat penasaran, menarik, atau bahkan clickbait

setelah pengunjung klik dan buka email anda, di sini konten dipertaruhkan, terutama anda bisa lihat kebiasaan orang-orang membuka email, sejauh ini rata-rata isi email singkat bahkan tanpa gambar adalah email dengan konversi klik baik.

karena di era distraksi seperti sekarang, jangankan dengan platform lain, di dalam inbox email pengunjung pun pastinya banyak email lain, dan kebanyakan promosi yang juga tidak kalah banyak, di sini isi emaul tidak perlu panjang.

buat penasaran sampai pengunjung mengharuskan klik link website anda, atau landingpage anda, ini penting karena setelah mereka klik link tentunya itu adalah petunjuk isi email anda berhasil atau tidak.

jika belum menghasilkan konversi atau goal anda belum tercapai anda bisa mulai membuat split testing, hanya dari konten saja, bagaimana konten berperan penting untuk “memaksa” pengujung klik link yang anda masukan di email yang di kirim.

jika anda sudah menemukan yang pas, bisa anda jadikan patokan dan SOP pembuatan konten email kedepanya, karena cocok dengan audiens anda, dan ini adalah hal yang penting, agar kedepan tingkat open rate email anda konsisten atau meningkat.

Tentu di era AI seperti sekarang, anda bisa mendapatkan ide konten dengan sangat mudah, yang pasti tetap harus ada sentuhan anda, agar tetap bisa dengan gaya anda.

Langkah 4: Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email

Setelah kita membahas langkah-langkah penting dalam mengirim email, langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah memilih waktu yang tepat untuk mengirimnya. Mengapa waktu pengiriman email penting? Karena waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang email Anda dibuka dan dibaca oleh penerima. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih waktu yang tepat:

  1. Pahami target audiens Anda. Ketahui kapan waktu yang paling cocok untuk mereka membuka email, apakah itu di pagi hari, siang hari, atau malam hari.
  2. Cobalah untuk menghindari waktu sibuk seperti hari Senin pagi atau akhir pekan. Pada saat-saat tersebut, inbox penerima mungkin sudah penuh dengan email dan email Anda bisa tenggelam di antara yang lain.
  3. Gunakan alat analisis untuk melihat pola perilaku pengguna. Dengan mempelajari data pengiriman email sebelumnya, Anda dapat menentukan waktu yang paling efektif berdasarkan aktivitas pembukaan dan respons.

Tak hanya konten yang baik, waktu pengiriman email yang tepat juga menjadi faktor penting untuk kesuksesan kampanye email Anda.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya! Terimakasih.

Cara Membuat Konten Email Marketing Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top