Bisa Kirim Email

Bagaimana Email Masih Efektif Untuk Berbisnis

Seberapa Efektif Potensi Di Balik Email Marketing

Potensi Email Marketing

Pernah mendengar tentang Email Marketing ?

Pernah mendapat email promo atau informasi update rutin via email anda ?

Terbayangkan tidak sebenarnya apa sih yang mereka cari dan atau inginkan, dan bagaimana bisa sistematis seperti seakan-akan robot yang membuat itu semua!

Coba kita bedah perlahan seperti apa potensi atau keuntungan membuat Email Marketing untuk tujuan bisnis atau branding anda.


Email marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mengirimkan pesan ke sejumlah orang melalui email.

Email marketing dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menjual produk atau layanan, membangun hubungan dengan pelanggan, atau menyebarkan informasi tentang suatu perusahaan atau organisasi.

Di Indonesia, email marketing memiliki potensi yang cukup besar karena tingkat penggunaan internet yang tinggi. Selain itu, banyak orang di Indonesia yang memiliki akun email dan terbiasa menerima email promosi.

Namun, penting untuk diingat bahwa email marketing harus dilakukan dengan cara yang sesuai dengan norma dan etika, serta tidak mengganggu privasi pelanggan.

Menjangkau Customer Loyal

Yang pertama penggunaan email marketing tentu bisa menjangkau customer atau calon buyer anda lebih mudah dan berpotensi menjadi loyal customer, karena dengan email marketing tidak hanya selalu jualan, kita bisa membuat rencana kampanye yang bisa membangun trust atau kepercayaan customer agar lebih mengenal produk anda atau brand anda.

Dengan Email Marketing anda bisa lebih leluasa untuk mengatur apa yang seharusnya customer lakukan, terutama GOAL akhir yang kebanyakan adalah beli dan beli ulang bahkan membantu menjual dan terjadi penjualan, semua ini bisa dilakukan dengan Email Marketing dan berawal dari kampanye yang sudah di persiapkan.

Efektivitas

Untuk meningkatkan efektivitas email marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Segmentasi audiens: Membagi audiens menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik mereka, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, atau minat, dapat membantu mengirimkan pesan yang lebih relevan dan meningkatkan tingkat terbuka dan tindak lanjut.
  2. Subjek email yang menarik: Subjek email yang menarik dapat meningkatkan tingkat terbuka email. Jadi, pastikan subjek email yang Anda kirimkan menarik dan membuat orang tertarik untuk membaca lebih lanjut.
  3. Konten yang bermutu: Pastikan konten email yang Anda kirimkan bermutu dan relevan dengan audiens yang dituju. Jangan hanya mengirimkan email promosi saja, tetapi juga berikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan Anda.
  4. Mempertahankan kepercayaan pelanggan: Pastikan untuk selalu memperlakukan pelanggan dengan hormat dan tidak mengirimkan email spam. Ini akan membantu mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap Anda dan meningkatkan tingkat terbuka dan tindak lanjut email yang Anda kirimkan.
  5. Menguji dan mengoptimalkan: Uji berbagai variasi dari email yang Anda kirimkan, seperti subjek, konten, dan target audiens, untuk mengetahui yang paling efektif. Kemudian, terus-menerus optimalkan email marketing Anda berdasarkan hasilnya.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat meningkatkan efektivitas email marketing Anda di Indonesia khususnya dan memanfaatkan tools yang sudah tersedia beberapa pilihan yang sangat bagus.

Seberapa Efektif Potensi Di Balik Email Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top